NASA Akan Cabut Mars Rover, Diam selama 8 Bulan

NASA Akan Cabut Mars Rover, Diam selama 8 Bulan

CAPE CANAVERAL, Fla. (AP) – NASA mencoba untuk terakhir kalinya untuk menghubungi Mars rover Opportunity yang menetapkan rekor, sebelum menyebutnya berhenti.

Bajak telah diam selama delapan bulan, korban salah satu badai debu paling kuat dalam beberapa dekade. Debu tebal menggelapkan langit musim panas lalu dan, selama berbulan-bulan, menghalangi sinar matahari dari panel surya pesawat ruang angkasa.

NASA mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan mengeluarkan serangkaian perintah pemulihan terakhir, di atas lebih dari 1.000 yang sudah dikirim. Jika tidak ada tanggapan pada hari Rabu – yang diduga oleh NASA adalah kasusnya – Peluang akan dinyatakan mati, 15 tahun setelah tiba di planet merah.

Anggota tim sudah melihat kembali pada pencapaian Peluang, termasuk air konfirmasi yang pernah mengalir di Mars. Peluang, sejauh ini, merupakan pendarat terpanjang di Mars. Selain daya tahan, rover enam roda itu mencetak rekor jelajah 28 mil (45 kilometer).

Kembarannya yang identik, Spirit, dinyatakan mati pada 2011, setahun setelah macet dan komunikasi berhenti.

Keduanya melampaui harapan dan mengungguli harapan, di sisi berlawanan dari Mars. Rover golf berukuran kereta dirancang untuk beroperasi sebagai ahli geologi hanya selama tiga bulan, setelah memantul ke planet tetangga kita di dalam kantung udara bantalan pada Januari 2004. Mereka meroket dari Cape Canaveral sebulan terpisah pada 2003.

Tidak mudah mengucapkan selamat tinggal sekarang kepada Peluang, daripada kepada Spirit, manajer proyek John Callas mengatakan kepada The Associated Press.

“Ini seperti orang yang dicintai yang hilang, dan Anda terus berharap bahwa mereka akan muncul dan mereka sehat,” katanya. “Tapi setiap hari berlalu, dan pada titik tertentu kamu harus mengatakan ‘cukup’ dan melanjutkan hidupmu.”

Wakil ilmuwan proyek Abigail Fraeman adalah seorang siswa sekolah menengah berusia 16 tahun ketika Peluang mendarat di Mars; dia berada di dalam pusat kendali sebagai bagian dari program penjangkauan. Terinspirasi, Fraeman kemudian menjadi ilmuwan planet, bergabung dengan Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, dan akhirnya menjadi wakil ilmuwan proyek untuk Peluang.

“Ini memberimu gagasan, berapa lama misi ini berlangsung,” katanya. “Peluang hanya menjadi pekerja keras … itu benar-benar bukti, saya pikir, seberapa baik misi ini dirancang dan seberapa hati-hati tim dalam mengoperasikan kendaraan.”

Alih-alih memandang badai debu sebagai nasib buruk, Callas menganggapnya “semoga kita mengarungi begitu banyak kemungkinan badai selama bertahun-tahun. Badai debu global biasanya muncul setiap beberapa tahun, dan” kita sudah lama tidak memilikinya. ” Tidak seperti NASA Curiosity bajak bertenaga nuklir masih melenggang di Mars, Peluang dan Roh tidak pernah dirancang untuk bertahan dalam cuaca yang begitu parah.

Steve Squyres dari Universitas Cornell, ilmuwan utama untuk Opportunity dan Spirit, menganggap menyerah pada badai ganas sebagai “cara terhormat” bagi misi untuk mengakhiri.

“Anda bisa kehilangan banyak uang selama bertahun-tahun bertaruh melawan Peluang,” kata Squyres kepada AP, Selasa.

Hadiah terbesar para penemu, menurut Squyres, adalah menyediakan catatan geologis di dua tempat berbeda di mana air pernah mengalir di Mars, dan menggambarkan kondisi di sana yang mungkin telah mendukung kemungkinan kehidupan purba.

NASA terakhir kali mendengar dari Opportunity pada 10 Juni. Pengendali penerbangan mencoba membangunkan penjelajah, merancang dan mengirim perintah demi perintah, bulan demi bulan. Langit Mars akhirnya cukup dibersihkan untuk sinar matahari untuk mencapai panel surya bajak, tapi masih belum ada jawaban. Sekarang semakin dingin dan lebih gelap di Mars, semakin meredupkan prospek.

Insinyur berspekulasi jam internal rover mungkin telah menjadi acak selama pemadaman berkepanjangan, mengganggu siklus tidur rover dan menguras baterai on-board. Ini sangat membuat frustrasi, menurut Callas, tidak tahu persis mengapa Peluang – atau Spirit – gagal.

Sekarang terserah Curiosity dan pendarat InSight yang baru tiba untuk melanjutkan warisan, katanya, bersama dengan pesawat ruang angkasa di orbit di sekitar Mars.

Adapun Peluang, “Itu telah memberi kita dunia yang lebih besar,” kata Callas. “Mars sekarang menjadi bagian dari lingkungan kita.”

___

Departemen Kesehatan & Sains Associated Press menerima dukungan dari Departemen Pendidikan Sains Howard Hughes Medical Institute. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.

Hak Cipta 2019 The Associated Press. Seluruh hak cipta. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan kembali.

 

Hi guys saya ingin kasih solusi jika kamu membutuhkan /mencari tempat sewa macbook untuk kebutuhan event, wedding, registrasi, untuk standby, rendering, desain grafis, motion grafis, animasi, dll yang sesuai dengan kebutuhan kantor kamu silakan kunjungi websitenya

klik disini: https://drank.co.id/ atau hubungi nomor adminnya ya 081993939339

By |2019-02-13T14:07:25+07:00February 13th, 2019|Technology|0 Comments

Leave A Comment

Contact Info

Villa Cinere Mas No.16

Phone: 021-7421938

Mobile: 08111866844

Web: Visit Us Online